Stress dapat Menurunkan Produktivitas

Sebagai individu yang memiliki kebutuhan dan hidup bersama dengan banyak makhluk hidup lainnya di lingkungan yang dinamis, adalah sebuah kegilaan untuk berharap segala hal secara ajaib berjalan sesuai keinginan kita. Kali ini kita akan membahas apa itu stress dan yang menjadi penyebabnya.

Pengertian Stress

Stress adalah bentuk ketegangan dari fisik, psikis, emosi maupun mental. Bentuk ketegangan ini mempengaruhi kinerja keseharian seseorang. Bahkan stress dapat membuat produktivitas menurun, rasa sakit dan gangguan-gangguan mental. Sumber stress disebut dengan stressor dan ketegangan yang di akibatkan karena stress, disebut strain. Stressor secara umum dapat diklasifikasikan sebagai stressor internal dan eksternal. Stressor internal berasal dari dalam diri seseorang (misalkan : Kondisi sakit, menopause, dll ). Stressor eksternal berasal dari luar diri seseorang atau lingkuangan (misalkan : Kematian anggota keluarga, masalah di tempat kerja, dll ).

Stres merupakan reaksi fisik dan psikologi yang normal terhadap banyak  tekanan hidup yang selalu berubah dan tidak pernah berakhir maka setiap orang pasti akan mengalaminya, baik itu orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak. Keadaan stres yang bertubi-tubi secara psikologis dapat membuat tubuh kelelahan secara psikis dan menyebabkan seseorang tidak dapat berpikir jernih, serta bisa berdampak pada banyak hal lainnya (interaksi sosial, kualitas hidup, kesehatan, dll)

Lalu apa yang terjadi pada tubuh ketika respon stres Anda selalu aktif?

  • Kadar glukosa dalam aliran darah akan naik karena hati dipaksa untuk memproduksinya. Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.
  • Kadar hormon yang tinggi dapat membuat Anda lebih rentan terkena infeksi dan beberapa jenis penyakit lain karena hormon menekan hal-hal yang yang dianggapnya tidak penting untuk dipertahankan, seperti misalnya sistem kekebalan tubuh Anda.
  • Sistem pencernaan Anda tidak berfungsi normal.
  • Metabolisme menjadi lebih lambat
  • Membuat Anda merasa lelah atau lesu.
  • Membuat Anda sulit menurunkan berat badan.
  • Dapat mengubah cara kerja hormon, termasuk insulin dan hormon reproduksi.
  • Kolesterol dan trigliserida naik, sehingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Menurut American Institute of Stress (Institut Stres Amerika), stres telah:

  • menyebabkan sekitar 10% dari kasus stroke
  • bertanggung jawab sebagai penyebab pada 75% dari orang yang berobat ke dokter
  • menyebabkan lebih dari 55% penyakit yang dikenal manusia
  • Memakan biaya sekitar 300 miliar dollar per tahun

Namun, hal-hal berikut adalah hal-hal yang paling sering disarankan oleh para ahli kesehatan untuk mengatasi stres secara tepat, yaitu :

  • Latihan Pernapasan: sederhana, namun sangat efektif untuk mengendalikan tingkat stres karena membantu Anda tetap tenang dan membuat tubuh tenang. Pernapasan meredakan ketegangan otot dan mengurangi perasaan cemas.
  • Konseling: Berbicara tentang penyebab stres Anda dengan seorang ahli atau dengan teman atau keluarga juga dapat sangat membantu mengatasi masalah pikiran Anda. Terapi menulis juga merupakan cara yang sangat populer untuk menangani dan mengelola stres.
  • Tidur: Dengan tidur sebanyak mungkin, Anda dapat membantu tubuh Anda untuk rileks. Tidur juga membantu menekan nafsu makan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Menangani Stres

Kondisi rileks akan menyegarkan tubuh, fisik maupun psikis, sehingga tubuh lebih siap menghadapi berbagai situasi. Kondisi stres berkepanjangan dapat memperburuk respon seseorang, juga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan berkontribusi negatif terhadap kesehatan. Banyak metode yang dapat dilakukan untuk menangani stres, salah satunya adalah dengan melakukan teknik relaksasi, yang berguna untuk menghilangkan stres. Setelah itu, dilanjutkan dengan mengenali situasi-situasi apa saja yang menyebabkan stres dan membuat strategi untuk menghadapi situasi tersebut dengan tepat.

 

Referensi :
https://www.docdoc.com/id/info/condition/stres
http://westernfreepress.com/2017/11/18/teen-stress-parents-cause/
https://www.webkesehatan.com/info-stres-cara-menghadapi-stres/
https://www.zenius.net/blog/16996/mengatasi-stres
http://dedeh89-psikologi.blogspot.co.id/2013/04/pengertian-stress.html

Tinggalkan komentar